[Medan | 9 April 2024] PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), perusahaan yang bergerak di bidang usaha peralatan rumah tangga, perbaikan rumah, dan produk gaya hidup ini diproyeksikan bakal diuntungkan dari momentum bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, seiring dengan meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat selama periode ini.
Kenaikan konsumsi masyarakat juga ditopang oleh adanya insentif bagi karyawan yaitu Tunjangan Hari Raya (THR), dimana adanya tambahan pendapatan tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja berbagai macam perlengkapan untuk persiapan menyambut lebaran, sehingga akan meningkatkan angka penjualan sektor ritel.
Sebagai infomasi, ACES mencatatkan laba bersih sebesar Rp 763,50 miliar, mengalami kenaikan sebesar 13,39% secara tahunan (yoy) dari Rp 673,64 miliar pada tahun 2022. Kenaikan ini terutama dipicu oleh peningkatan penjualan sebesar 12,85% secara tahunan, mencapai Rp 7,46 triliun pada tahun lalu dari Rp 6,61 triliun sebelumnya.
Secara rinci, segmen produk perbaikan rumah yang menyumbang Rp4 triliun atau tumbuh 11,28% year-on-year (YoY). Sementara itu, kinerja penjualan dari segmen produk gaya hidup berkontribusi sebesar Rp 3,14 triliun, meningkat 14,58% dibandingkan tahun 2022 yang mencapai Rp 2,74 triliun. Penjualan produk mainan juga meningkat menjadi Rp 304,45 miliar atau naik 16,16% YoY.
Seiring dengan peningkatan penjualan, ACES mencatatkan beban pokok penjualan sebesar Rp 3,91 triliun pada tahun lalu, meningkat 11,99% YoY. Sehingga, laba kotor perusahaan mencapai Rp 3,69 triliun, meningkat 13,16% secara tahunan. Alhasil, ACES mencatatkan laba bersih sebesar Rp 763,5 miliar, naik 14,93% secara tahunan.
Baca Ulasan Lengkap Saham ACES Disini!