Pada kuartal I 2023, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) melaporkan marketing sales sebesar Rp3,4 triliun. Adapun, yang menjadi kontributor utama atas realisasi tersebut adalah proyek rumah tapak.
Menurut Head of Investor Relation CTRA, Aditya Ciputra Sastrawinata, capaian tersebut melampaui ekspektasi dan meningkat sebesar 74% secara tahunan (YoY). Pencapaian ini pun mewakili 39% dari total target yang ditetapkan pada tahun 2023.
Pencapaian ini didorong oleh peluncuran proyek baru CitraGarden Serpong, peluncuran tiga klaster baru di CitraLand Surabaya dan CitraLand Gama City Medan. Dari proyek CitraGarden Serpong, perseroan memperoleh marketing sales lebih dari Rp 1,3 triliun dari 1.000 unit yang ditawarkan.
Kemudian, pada proyek CitraLand Surabaya, CTRA meluncurkan klaster rumah bernama Pelican Hill yang membukukan marketing sales sebesar Rp 337 miliar dengan take up rate 90% dari 136 unit yang ditawarkan. Secara keseluruhan, proyek rumah tapak berkontribusi sebesar Rp 2,9 triliun.
Selain rumah tapak, proyek komersial juga berkontribusi terhadap marketing sales sebesar Rp 440 miliar. Adapun salah satu pendorongnya adalah peluncuran produk baru cluster ruko One Arcade di CitraLand Surabaya yang berkontribusi sebesar Rp 169 miliar. Kemudian sisanya berasal dari segmen apartemen dan perkantoran, yang berkontribusi sebesar Rp 130 miliar.
Sebagai informasi, CTRA menargetkan marketing sales sebesar Rp 8,9 triliun pada tahun 2023. Melihat progres kuartal I-2023, perseroan optimistis dapat mencapai target tersebut. Korporasi juga memiliki rencana untuk memulai sejumlah proyek perumahan baru dan membuat klaster baru di tempat-tempat seperti Jabodetabek, Medan, dan Surabaya dalam beberapa bulan mendatang.