[Medan | 28 Maret 2024] PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), anak usaha Indofood yang bergerak di bidang produksi barang konsumen yang bergerak cepat ini berhasil membukukan peningkatan pendapatan dan laba bersih di sepanjang tahun 2023.
Berdasarkan laporan keuangan perusahaan,ICBP berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 67,91 triliun pada tahun 2023, mengalami peningkatan sekitar 5% dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2022 pendapatannya masih sebesar Rp 64,80 triliun.
Secara rinci, penjualan mi instan menjadi kontributor terbesar dengan jumlah Rp 50,43 triliun, diikuti oleh penjualan susu atau dairy sebesar Rp 9,12 triliun, dan pendapatan dari makanan ringan sebesar Rp 4,24 triliun. Sementara itu, pendapatan dari segmen penyedap makanan mencapai Rp 3,67 triliun, pendapatan dari nutrisi dan makanan khusus sebesar Rp 1,21 triliun, dan pendapatan dari segmen minuman mencapai Rp 1,6 triliun.
Namun, seiring dengan peningkatan pendapatan, beban penjualan dan distribusi juga meningkat menjadi Rp 7,53 triliun, diikuti oleh beban umum dan administrasi yang mencapai Rp 2,81 triliun, serta beban operasional lain yang naik menjadi Rp 808,04 miliar. Dengan begitu, ICBP membukukan laba bersih sebesar Rp 6,99 triliun di 2023. Perolehan ini pun naik 52,39% secara tahunan atau dari Rp 4,58 triliun pada 2022.
Di sisi lain, ICBP mencatatkan total aset senilai Rp 119,26 triliun pada akhir tahun 2023, mengalami kenaikan sebesar 3,44% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, liabilitas perusahaan tercatat menurun sebesar 1,16% menjadi Rp 57,16 triliun, dan ekuitas mencapai Rp 62,1 triliun, mengalami kenaikan sebesar 8,06% secara tahunan.