IkutinIkutinIkutin
  • Ekonomi
  • Tren
  • Teknologi
  • Newsletter
  • Data Pasar
  • Lowongan
  • Kontak
IkutinIkutin
  • Ekonomi
  • Tren
  • Teknologi
  • Newsletter
  • Data Pasar
  • Lowongan
  • Kontak
Jelajah
  • Ekonomi
  • Tren
  • Teknologi
  • Newsletter
  • Data Pasar
  • Lowongan
  • Kontak
Follow US
2024 ©️ Fawz Finansial Indonesia. All Rights Reserved.
Bisnis

Sido Muncul Tetap Optimis dan ‘Santai’, Meski Penjualan dan Laba Turun 10% di 2023

By Billy Albert 2 years ago Bisnis
Image Source: AP/Katadata
SHARE

[Medan, 01 Desember 2023] Pagi, teman-teman pembaca setia! Kali ini kita ada berita seru dari PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), yang memproyeksikan tahun 2023 bakal jadi tantangan buat mereka. Kabar dari direktur keuangannya, Leonard, ngasih tahu bahwa mereka berencana santai aja, tapi tetap semangat meski proyeksikan penjualan dan laba bersih turun sekitar 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Nih, Leonard bilang, “Untuk 2023, memang kami melihat ada pelemahan daya beli secara menyeluruh. Penjualan kami targetkan masih turun 10 persen dan laba bersih juga turun 10 persen.” Tapi, tenang aja, ini kayak strategi santai aja gitu, bukan bermasalah kok ????.

Buat yang belum tahu, sepanjang 2022, SIDO emang merasakan penurunan laba bersih sekitar 12,7 persen, dan penjualan Januari-September 2022 juga turun 3,73 persen dibanding tahun sebelumnya. Tapi, SIDO tetap oke-oke aja. Leonard ngejelasin, “Kami melihat penurunan daya beli terjadi pada akhir kuartal kedua tahun ini, karena inflasi yang cukup tinggi. Kami ingin tetap menjaga market share SIDO, makanya tetap spending biaya iklan dan promosi.”

Jadi, jangan kaget ya kalau lihat SIDO masih tetap beriklan dan promosi. Leonard nyebutin, “Pada periode Januari-September 2023, SIDO mengeluarkan biaya iklan dan promosi Rp226,97 miliar atau meningkat 3,74 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp218,78 miliar.”

Meskipun laba bersih mereka pada September 2023 turun 18,58 persen dan penjualan merosot 9,58 persen dibanding tahun lalu, Leonard tetap mantap nih. Dia bilang, “Pada dua bulan terakhir 2023, kami tetap melakukan iklan dan promosi secara lebih terarah, yang bisa mengkonversi iklan ke perolehan penjualan di level konsumen akhir.”

Nah, yang menarik, SIDO juga ngincer pasar ekspor. Mereka udah tambah distributor di Filipina dan sekarang lagi beroperasi. Leonard janji bakal lebih fokus ngejaga dan mengembangkan penjualan ke Filipina dan Malaysia. Gimana, seru kan? Semoga SIDO tetap santai dan sukses terus! ????✨

You Might Also Like

GOTO dan ISAT Luncurkan Sahabat-AI, Bagaimana Nasib Sahamnya?

Saham FORE ARA 2 Hari Berturut-turut, Apa Pemicunya?

IHSG Bakal Kemana Jelang Long Weekend Idul Adha?

Kerjasama dengan TLKM, Saham WIFI Bakal Kemana?

Siap-siap! UNVR Bakal Bagikan Dividen 99,7% dari Laba 2024

TAGGED: PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), sido
Billy Albert December 1, 2023 December 1, 2023
Previous Article Prajogo Pangestu ‘Ngabuburit’ Lagi, Lepas 520 Juta Saham Chandra Asri
Next Article Bumi Resources Catat Laba Bersih USD58,26 Juta, Meski Merosot 84% Tetap Semangat
Leave a comment

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IkutinIkutin
Komplek CitraLand Gama City, Madison Avenue, Blok R6 No. 90, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
adbanner
AdBlocker Terdeteksi
Kami dengan hormat meminta Anda mempertimbangkan untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar putih AdBlocker, karena situs tersebut beroperasi dengan dukungan iklan. Keputusan Anda untuk memasukkan situs kami ke dalam daftar putih akan memberikan kontribusi besar dalam mempertahankan operasinya.
Okay, I'll Whitelist
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?